Kalimasada Creative Menyabet Juara dalam Ajang “NIRMANA Short Movie Competition”

Tonton di sini

Kalimasada Creative berhasil membawa pulang piala Juara 2 pada ajang NIRMANA Short Movie Competiton yang dilaksanakan pada bulan November 2021. Team film Kalimasada yang disutradarai oleh Irma Wulan Ramadhani (ketua OSIS SMAN 2  Sleman periode 2020-2021) mengangkat tema kerukunan dan toleransi.

Film pendek bersutan Kalimasada Creative berjudul “Nyawiji”. Film yang berdurasi kurang dari 8 menit itu berhasil memikat penonton dengan makna yang sangat dalam. Terdapat 2 unsur penting dalam film tersebut. Pertama, kerukunan dengan implementasi pada kerukunan berbahasa. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan ribuan keanekaragaman dalam berbagai bentuk, diantaranya adalah keanekaragaman berbahasa. Selain keragaman berbahasa film ini juga mengangkat tentang toleransi dalam beragama.

“Cara kita berdoa memang berbeda, apa yang kita inginkan itu sama. Jadi, engga ada masalah kita mau dengan berbagai keyakinan yang ada, yang penting tujuan kita sama,” tutur Irma selaku sutradara dan penulis naskah film.

Pembuatan film diawali dengan penulisan naskah. Kemudian dilanjutkan dengan penyesuaian karakter dan reading naskah. Setelah prosesi tersebut, seluruh pemain memulai kegiatan pengambilan video yang kemudian dikemas dalam proses editing. Keseluruhan proses tersebut dilakukan dalam waktu yang cukup singkat namun dapat mengahasilkan sebuah film yang penuh pesan moral.

Keberhasilan ini pastinya memerlukan usaha dan pengorbanan yang luar biasa dari seluruh tim produksi. Banyak hal yang bisa diambil saat prosesi pembuatan video. Seperti yang diungkapkan oleh Irma Wulan, pembuatan film ini memberikan kesempatan bagi pemeran untuk mengeksplor diri, melatih kerja sama, menghargai orang lain dan tidak mudah menyerah dalam sebuah proses.

Irma Wulan juga berpesan kepada seluruh siswa-siswi SMAN 2 Sleman agar berani mengambil peluang untuk menggali potensi diri. Jangan takut untuk memulai dan mencoba hal baru. Karena sebuah keberhasilan dapat diciptakan dengan adanya peluang dan kemampuan.